Wednesday, April 12, 2017

Bahaya Jika Terlalu Sering Flash HP Terhadap Hardware

author photo
Bahaya Jika Terlalu Sering Flash HP Terhadap Hardware
Bahaya terlalu sering flash hp- Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk menjelaskan apa bahayanya atau dampak yang buruk terhadap hp jika terlalu sering diflash, entah itu custom rom atau stockrom.

mungkin diantara sobat pernah tersirat sebuah pertanyaan bahwa, apakah bahaya jika HP terlalu sering diflash? jika memang bahaya apa dampak dari terlalu sering flash hp terhadap hardware atau perangkat keras?

pada kesempatan kali ini saya akan coba untuk menjelaskan apa bahaya jika hp terlalu sering diflash, atau direset, ada banyak manfaatnya memang jika hp diflash ulang, selain untuk meningkatkan ferforma flash ulang adalah solusi untuk menghilangkan malware dan virus-viru yang membandal.

Namun disisi lain, jika sobat terlalu sering flash atau reset ulang akan merusak komponen hardware yang tertanam pada struktur hp sobat, hal ini pasti tidak ingin sobat alami, gagal flash bahkan berdampak sangat buruk terhadap software itu sendiri selain dari gagal booting bisa saja hardware sobat menjadi ancaman.

Demi keamanan sistem yang tertanama pada handphone sobat, maka hindarilah terlalu sering flash hp sobat, hal ini akan menjaga stabilitas dan agresifitas kinerja ponsel canggih yang sobat miliki.

sebelum membahas lebih dalam komponen yang rentan jika terlalu sering diflash, ada baiknya sedikit kita mengenal cara kerja hardware dan software pada struktur smarphone, kinerja handphone merupakan dari berbagai komponen yang telah dirancang oleh setiap produserm, namu kita akan membahas sedikit saja sebagai gambaran keseluruhan dari komponen-komponen yang ada.

Dari banyak komponen yang ada didalam hp, kita akan membahas dua komponen penting dalam sebuah perangkat mobile, yang mana kedua komponen ini berfungsi untuk menjalankan sistem operasi (OS) tentu kaitan komponen ini sangat erat dengan software, lalu apa kedua komponen yang akan kita bahas itu, berikut ulasanya:

1. RAM

Ram atau (Random Access Memory) merupakan komponen hardware yang bekerja sebagai menyimpan data. Kinerja RAM ini bersifat sementara artinya data yang tersimpan dapat terhapus sewaktu-waktu.

RAM adalah sebuah memory yang mana isinya dapat berganti selama komputer itu hidup dan mempunyai sifat mrngingst data atau program selama terdapat arus listrik dan dapat menyimpan maupun mengambil data dengan sangat cepat. 

Berbeda halnya dengan kinerja ROM, ROM memiliki fungis dan cara kerja yang sama dengan RAM akan tetapi ROM bersifat permanen, dalam artian data yang tersimpan tidak bisa kita hapus, terkecuali dengan cara flash.

Baca Juga: 

2. eMMC 

eMMC (Embedded Multi-Media Controller) Merupakan sebuah komponen hardware yan gbefungdi untuk menampung penyimpanan program pada sebuah barang elektronik seperti handphone ,kamera yang berbentuk seperti chip.

eMMC sendiri sebetulnya sudah ada sejak dahulu yang fungsinya sama sebagai media penyimpanan untuk program hanya saja dahulu lebih di kenal dengan ic flash.

Setelah munculnya sistem operasi(OS) android, eMMC semakin kerap mejadi perhatian seluruh produser dan konsumen, pasalnya eMMC merupakan komponen yang tidak kalah pentingnya dari komponen vital lainya.

Dengan mengenal dua jenis komponen hardware yang bersangkutan erat denan OS, maka kita dapat menyimpulakan bahwa kedua fungsi hardware ini yaitu RAM dan eMMC berurusan langsung dengan software.

Jiak sobat terlalu sering flash ulang hp sobat maka akan berdampak tidak baik terhadap eMMC, apabila sering mengalami kegagalan booting ini merupakan indikasi dari kerusakan hardware tersbut.

Berikut adalah beberapa tanda yang akan dialami apabila eMMC HP sobat mulai bekerja kurang baik:

1. Gagal Booting

gagal booting ini kerap sobat alami jika eMMC dari hp sobat sudah rusak, karena dia tidak mampu mentranfer data.

2. Tidak bisa Reset

tanda lain dari kerusakan eMMC adalah, akan terjadi kegagalan ketika sobat kembalikan ke pengaturan bakrik atau yang biasa kita kenal "reset".

3. Gagal flash

Jika sobat pernah flash hp berhasil, namun tidak ada pengaruh terhadap sistem operasi atau dalam arti lain tidak ada perubaham terhapa sistem operasi meski dalam flash tool tercata sudah berhasil flash.

Pada intinya, apapun yang dilakukan secara berlebihan akan berdampak tidak baik bagi target yang kita maksud, termasuk hp jika terlalu berlebihan atau tetlalu sering diflash, maka akan terjadi hal yang tidak baik terhahap hardware, oleh karena itu pertmbangkan dengan matang  jika sobat ingin flash hp sobat.

mengingat mahalnya suku cadang yang disediakan setiap produser hp, oleh karena itu berhati-hati dalam menggunakan hp sobat, agar kinerjanya tetap setabil maka hp tersebut perlu dirawat dengan baik.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Selamat Datang di Blog Pekanan.com

Next article Next Post
Previous article Previous Post