Monday, April 03, 2017

Tips Membeli HP Bekas Yang Aman Agar Tidak Terkena Tipu

author photo

Pekanan.com- Halo sobat Pekanan.com, pada kesempatan kali ini admin akan mencobat untuk berbagi tips untuk membeli hp bekas agar sobat tidak ditipu oleh penjual gadungan yang tidak bertanggung jawab.

melihat semakin hari semakin mudah untuk mencari barang yang kita inginkan, entah itu yang baru atau yang bekas, via toko online atau toko offline, setelah semakin majunya teknologi yang mendorong para penjual untuk memanfaatkan internet untuk berjualan.

Dengan adanya internet siapapun bisa berekspresi sesuai dengan apa yang dia inginkan, termasuk dalam berjualan, semua orang berhak untuk berdagang via online, melihat dari banyaknya peminat yang berjualan di toko online, ada jutaan orang yang sekarang sudah bergelut di toko online, entah menjual barang bekas atau bahkan yang baru.

karena kita tidak bisa melihat langsung barang yang dijual oleh pedagang, terkadang ada konsumen yang tertimpa sial mendapatkan barang yang cacat, maka dari itu sobat harus berhati-hati ketika membeli barang di toko online.

Dengan sistim COD (Cash On Delivery) yang biasa dilakukan oleh kedua pihak, peminat dan penjual dengan barang yang diinginkan, terkadang ada hal yang disembunyikan oleh pedagang dengan tujuan agar barangnya bisa terjual dengan harga yang mahal. terutama dalalm jual beli Smarphone bekas, ada beberpa hal yang harus sobat perhatikan sebelum membeli HP bekas, dari siapapun entah dari hasil mencari di toko online atau orang yang sobat kenal.


untuk menghindari dari tipuan pedagang yang tidak bertanggung jawab berikut ini saya akan mencoba untuk memberikan tips aman dalam membeli hp bekas agar sobat tidak terkena tipu si pedagang cerdas. berikut ulasanya:

Tips Membeli HP Bekas Yang Aman Agar  Tidak Terkena Tipu:

1. Sobat Pastikan Kemulusan Body HP

Tentu body atau tampilan menjadi pandangan pertama yang membuat sobat cinta terhadap hp yang sobat incar, maka dari itu agar cinta sobat tidak berujung kecewa, maka perhatikan terlebih dahulu body hp yang sobat incar, apaka masih mulus, atau sudah banyak goresa atau bahkan sudah tidak layak untuk dipandang.

2. Sobat Cek Kelengkapan HP

Meski bukan menjadi syarat yang mutlak, kelengkapan menjadi bukti bahwa hp itu masih pantas untuk sobat pinang, sebelum meminangnya sobat pastikan untuk bertanya tentang kelengkapan hp yang sobat incar tadi, apakan masih ada dusbooknya, bukti pembelian dia jika masih ada, kartu garansi dan lain sebagainya.

Baca Juga:

3. Cocokan IMEI Yang di HP dan Yang di Dus HP

Imei menjadi bukti akurat bahwa hp tersebut adalah meilik si penjual, bukan untuk berperasangka buruk, seida payung sebelum hujan itu yang dianjurkan, artinya sebelum ada hal yang tidak sobat inginkan, lebih baik dicek dulu, apakah cocok IMEI yang ada di HP dan di dus, jika cocok 90% hp itu milik dia, meski tidak menutup kemungkinan jika memang hasil curian bisa dengan dusbooknya.

4. Setelah mengecek Luarannya, sekarang sobat cek dalamanya.

Sobat cek OSnya versi berapa, cek semua komponennya barang kali ada yang tidak perfungsi, coba sobat cek hal-hal berikut ini:
Silahkan cek dengan dial berikut *#*#2664#*#*
  • Kamera
  • Sound
  • Port Charger
  • Port USB
  • Port jack Headset
  • Speaker luar
  • Speaker dalam
  • Tombol home
  • tombol volume
  • DLL

5. Sobat pastikan apakah HP Yang Hendak sobat pinang masih segel apa tidak

Bagian hardware memang tidak bisa kita lihat langsung, meski kita buka yang pasti si penjualnya tidak akan mau untuk membukanya, selain itu hal yang ribet, juga akan merusak hp itu sendiri, lalu bagaimanca cara mengecek apakah dia pernah masuk tukang service atau belum, untuk memastikannya sangat gampang, cek segel yang ada di hp, apakah masih tertempel dengan baik atau bahkan mungkin sudah hilang, jika segel sudah hilang, maka sobat harus berhati-hati tidak menutup kemungkinan hp itu pernah masuk bengkel, atau pernah di service.

6. Pastikan HP masih bisa menangkap signal dengan baik

Signal merupakan komponen yang vital, jika dia tidak berfungsi, lalu buat apa sobat membelinya, oleh karena itu sobat harus memastikan bahwa signal masih berjalan dengan baik. apakah jaringannya masih bagus, signyal 4G, 3G, 2G nya berjalan dengan baik atau tidak, khusunya untuk hp xiaomi yang banyak issue bahwa 4Gnya tidak bisa untuk sebagian hp xioami.

7. Cek Keaslian hp 

Sekarang barang apa sih yang tidak bisa diclone, wajah manusia saja sudah bisa digandakan, apa lagi hanya barang elektronik seperti hp sangat mudah untuk dipalsukan, seperti banyak berkeliaran HP Samsung replika, iPhone, Sony, dan lain sebagainya, untuk menghindari dari tipuan itu sobat harus jeli apakah hp itu original atau hanya replika.

8. Jangan Lupa cek model garansinya

Tips pada poin ini mungkin kadang ada kadang tidak, jadi garansi pada hp android juga penting nih sob. Anda perlu menanyakan kepada penjual tentang garansi tersebut, jika tidak ada maka bisa tawar lebih murah dari harga yang ditawarkan penjual. Dan jika ada pastikan garansi tersebut benar-benar asli bukan rekayasa.

Demikian Tips Membeli HP Bekas Yang Aman Agar  Tidak Terkena Tipu, semoga bermanfaat bagi sobat semua.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Selamat Datang di Blog Pekanan.com

Next article Next Post
Previous article Previous Post