Cara Terbaru Install Wordpress di localhost, Ada Bonus Tema Wordpress Premium Gratis

gambar cara install wp di localhost

Pekanan.com | pada kesempatan kali ini saya akan membahas tutorial cara install wordpress di localhost, namun sebelum masuk pada pembahasan secara dalam, saya akan sedikit jelaskan mengenai localhost.


lalu apa itu localhost? 
Apa fungsi dan manfaatnya? 
Bagaimana cara menggunakanya?

Nah, untuk anda yang belum mengetahui apa itu localhost, akan saya jelaskan dibawah ini:

Localhost adalah hosting atau tempat menyimpan data website atau sebuah project dalam komputer yang anda miliki, localhost sama seperti Cpanel jika anda memiliki akun WP dengan Selfhosting, yaitu untuk menyimpan data dari website yang anda kelola.

bedanya adalah localhost hanya bisa diakses dikomputer anda saja, sedangkan cpanel hosting sebaliknya, atau semua file yang anda hosting dalam akun hosting anda bisa dakses secara online dan bisa anda publikasikan.

Apa fungsi dan manfaat dari localhost?

Localhost memiliki fungsi untuk menyimpan project, entah itu wordpress, MySQL, database dan sebagainya, namun diatas saya katakan file yang anda install dalam localhost hanya anda sendiri yang bisa mengaksesnya.

Sedangkan manfaat dari localhost adalah sebagai media untuk anda belajar membangun sebuah website atau project

dengan localhost anda tidak perlu hawatir untuk melakukan kesalahan, dalam artian, meski pun anda memiliki bug dalam project yang sedang anda kerjakan, 

tidak akan terpublis dan anda bisa mengulang dan memperbaikinya, secara inten.

Dan pastinya anda tidak membutuhkan sewa hosting untuk menjalankan project anda, karena dengan localhost anda cukup menginstallnya dalam komputer anda, dan cara menginstall werdpress dilocalhost akan saya jelaskan dibawah ini.
Bagaimana cara menggunakan localhost?

Sebelum saya menjawab pertanyaan ini, saya akan bahas terlebih dahulu cara menginstall WP dilocalhost, karena nanti akan saya bahas sekaligus dengan cara menggunakan localhost ini dengan cara menginstall WP di localhost.

Nah, sekarang bagaimana cara install wordpress di localhost?

Langsung saja simak tutorialnya berikut ini: 

untuk membuat project di localhost pastinya anda membutuhkan software untuk menjalankannya, nah kali ini saya akan menggunakan software yang bernama XAMPP.

Dan cara untuk menginstall XAMPP pada windows sudah saya bahas pada artikel saya sebelumnya disini: cara install XAMPP di windows silahkan anda baca dan perlajari terlebih dahulu.

Jika sudah memperlajari cara install xampp di komputer, sekarang saatnya untuk menginstall wordpress di localhost, caranya sebagaiberikut: 

Cara Terbaru Install Wordpress di localhost

1. Silahkan download terlebih dahulu wordpress untuk diinstall dilocalhost, anda bisa download pada website resmi milik wordpress [disini]
2. Jika sudah anda download silahkan exctract file wordpress.zip.

gambar cara install wp di localhost
3. Kemudian anda copy folder wordpress yang telah diextract tadi ke direktori dimana anda mengistall Xampp tadi, secara default XAMPP akan terinstall di local disk dan anda paste kan di folder htdocs

Localdisk>xampp>htdocs>disini.

gambar cara install wp di localhost
Setelah anda copy-paste folder wordpress anda juga bisa mengganti namanya sesuai dengan yang anda inginkan, disini saya akan mengganti folder wordpress dengan nama “blogku”



4. Setelah anda copy folder wordpress ke htdocs pada folder instalasi xampp, sekarang anda jalan xampp yang sudah anda install tadi.

gambar cara install wp di localhost
5. Klik start pada apache dan mySQL, jika xampp anda terinstall secara benar, maka apache dan mySQl akan berubah warna menjadi hijau ketika anda klik start, itu menandakan bawah xampp yang anda install sudah berjalan dengan baik.

6. Buka browser pada komputer anda, saya rekomendasikan untuk menggunakan google chrome.

7. Pada searchbar, anda tulikan sebagaiberikut,

localhost/phpmyadmin

Kemudian klik enter

Jika berhasil maka akan muncul seperi pada gambar dibawah ini:

gambar cara install wp di localhost

8. Disinilah tempat kita akan menghosting database dari wordpress, sehingga nanti wordpress akan bisa dijalankan, meski tanpa sewa hosting.

Caranya sebagai berikut:

9. Kalik new pada halaman phpmyadmin

gambar cara install wp di localhost
10. Pada bagian database name beri nama sesuai dengan nama wordpress sobat pada langkah ketiga diatas (jika anda melewatkan langkah no 3 silahkan baca lagi), kemudian anda klik create.

11. Maka akan muncul menu sesuai dengan nama yang anda buat.

12. Setelah selesai membuat database baru, sekarang anda buka jendela baru pada browser anda. Kemudian ketikan perintah sebagai berikut:

localhost/blogku/

pada bagian yang saya beri warna merah, silahkan ganti dengan nama yang anda buat pada langkah ketiga diatas tadi, setelah berhasil maka akan tampil halaman wordpress seperti pada gambar dibawah ini:

gambar cara install wp di localhost
13. Kemudian silahkan anda pilih bahasa sesuai dengan yang anda inginkan, disini saya memilih bahasa Indonesia, kemudian klik lenjutkan.

14. Pada halaman selanjutnya, silahkan anda isi:

gambar cara install wp di localhost

  • nama basis data : isi sesaui dengan nama yang dibuat pada langkah ke 10,
  • nama pengguna : anda isi degan nama “root” tanpa tanda kutip,
  • dan sisanya biarkan kosongkan.

15. Lanjut dengan klik “kirim”

16. Kemudian akan muncul halaman baru seperti gambar dibawah ini:

gambar cara install wp di localhost
17. Lalu anda klik lanjutkan instalasi.

18. Disini anda isi sesuai dengan database yang anda buat pada langkah ke 14.

gambar cara install wp di localhost

  • Judul situs: nama situs anda, isi dengan nama yang anda inginkan untuk judul website anda
  • Nama pengguna: isikan nama anda
  • Sandi: buat sandi yang rumit, isikan karakter dan huruf, kemudian anda catat dan simpan di notepad, atau semacamnya, untuk digunakan pada langkah ke 19, dibawah ini
  • Email: isikan email anda.

Setelah semua anda isi, kemudian klik instal wordpress

19. Jika berhasil, maka akan muncul halaman seperti pada gambar dibawah ini:

gambar cara install wp di localhost
20. Semuanya selesai, dan sekarang anda bisa log in ke wordpress anda, dengan nama dan sandi yang dibuat pada langkah ke 18.

gambar cara install wp di localhost
21. Dan inilah halaman wordpress anda, disini anda bisa belajar bagaimana cara menggunakan wordpress, meski tanpa hosting.

gambar cara install wp di localhost
22. Selesai.

Bagaiaman, mudah bukan cara install wordpress di localhost?

Halaman wordpress ini, sama saja dengan wordpress dengan selfhost, hanya saja yang bisa mengakses website anda hanya anda, atau komputer anda yang terinstall wordpress dan database di xampp, jadi orang lain tidak akan bisa melihat situs anda.


Dengan seperti ini, anda bebas untuk mengotak-atik situs anda sesuai dengan yang anda inginkan.

Jika nanti anda sudah memiliki dana untuk menyewa hosting, anda tinggal install wordpress offline yang sekarang anda buat ke Cpanel hosting anda.

seperti janji saya pada judul postingan, saya akan membagikan tema wordpress premium secara gratis, silahkan anda gunakan dengan bijak, tema wordpress ini bernama bimber, jika anda beli tema ini berharga $59 di theme forest setara sekitar Rp 760.000, namun pada kali ini saya bagikan secara gratis.

bimber wordpress theme

demikian tutorial cara install wordpress di localhost, semoga bermanfaat dan membantu anda, jika masih ada pertanyaan silahkan tanyakan dikolom komentar, atau bisa kontak admin melalu kontak form yang sudah saya sediakan, terimakasih.