10 Tips Belanja Online Yang Harus kamu Tahu Agar Aman Dari Penipuan

10 Tips Belanja Online Yang Harus kamu Tahu Agar Aman Dari Penipuan

Pekanan.com  | Cara aman belanja online agar tidak tertipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, transaksi jual beli kini semakin mudah untuk diselesaikan,

pasalnya online shop kini sudah sangat berkembang di negara kita Indonesia, bukan hanya di kota besar, online shop atau toko online kini sudah merata ke seluruh penjuru Indosia termasuk daerah-daerah terpencil,

karena jaringan internet yang sangat mudah untuk diakses sehingga transaksi online ini sudah bisa dilakukan oleh siapapun, yang terpenting ada keneksi internet yang stabil.

Banyak orang yang memanfaatkan akun sosial media untuk berdagang online, bahkan ada yang sumber pendapatanya dari hasil jualaln online, 

ini merupakan kemajuan teknologi yang dimanfaatkan untuk mengembangkan perekonimian masyarakat, sehingga mereka bisa memanfaatkan waktu luangnya untuk berjualan secara online.

Namun dari berbagai manfaat yang bisa kita ambil banyak pula hal mudorot yang harus kita perhatikan, karena tidak semua penjual online adalah orang-orang yang benar-benar pedagang, ada diantara mereka yang memanfaatkan keadaan untuk membuat aksi kotor yaitu tipu-menipu.

Oleh karena itu kita sebagai konsumen harus pandai dalam bertransaksi online, tidak sedikit orang yang tertipu karena belanja secara online, ini disebabkan kurangnya pengetahuan bagaimana cara bertransaksi online yang aman agar tidak tertipu.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tips aman untuk belanja online agar tidak tertipu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, lalu bagaimana tips aman belalnja online? simak penjelasannya berikut ini:

10 Tips Belanja Online Yang Aman Dari Penipuan

1. Cari Toko Online Yang Sudah Terperifikasi Atau Terpercaya

Pasti kamu sudah tidak bingung lagi kan untuk mencari toko online yang kredibel yang sudah mendapatkan sertifikat atau lisensi yang sah sebagai E-commerce.

Agar transaksimu aman silahkan tentukan Online shop yang akan kamu kunjungi, carilah toko online yang terpercaya seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopie, Blibli atau masih banyak lagi toko online yang lainnya yang sudah terpercaya.

2. Lakukan riset terhadap situs web tempat Anda berbelanja

Tips ini harus dilakukan kalau Anda berbelanja seperti pakaian online di situs web yang Anda sendiri kurang familiar. Periksa nomor telepon si penjual dan hubungi.

tujuan ini agar anda mengetahui secara detail dari penjual, agar terhindar dari penipuan.

3. baca kebijakan situs E-commerce tujuan anda

Kamu suka malas membaca dengan teliti peraturan dalam bertransaksi. Memang sih, bahasanya yang kaku dan isinya yang detail akan membuat kita lebih suka asal pencet “Ya, saya setuju” saja.

Padahal, hanya dengan menyimak peraturan ini kamu bisa mengetahui apa yang harus kamu lakukan ketika kejadian yang tidak menyenangkan terjadi.

Misalnya, kalau ternyata barang yang kamu pesan tidak sesuai dengan harapanmu, kamu jadi tahu bagaimana mengembalikannya.

Kalau ternyata situs itu tidak menyediakan peraturan tentang pengembalian barang? Kamu jadi bisa lebih hati-hati dan mungkin malah membatalkan transaksi sekalian.

4. Kenali produk yang akan dibeli

Sebelum membeli barang yang Anda temukan dijual di salah satu toko online, sebaiknya pastikan bahwa barang tersebut benar-benar barang yang Anda butuhkan.

Pastikan untuk menanyakan langsung kepada penjual tentang ukuran, warna, atau detail lainnya yang berkaitan dengan barang yang akan Anda beli.

5.Membandingkan harga

Tips belanja online berikutnya adalah terkait dengan harga barang. Dengan banyaknya penjual yang ada di internet, Anda bisa membandingkan harga barang antar penjual tersebut untuk mendapatkan harga yang paling sesuai.

Tanyakan juga diskon yang mungkin akan diberikan oleh penjual.

6. Hindari WiFi/Komputer Publik

Hindari menggunakan WiFi atau komputer publik saat berbelanja online, ini termasuk PC di perpustakaan atau bandara. Jika Anda terpaksa harus melakukan transaksi saat berada di luar, daripada menggunakan WiFi publik, pakailah layanan data internet yang ada pada perangkat seluler Anda.

Jangan pernah bertransaksi online di jaringan wireless yang tidak aman karena hacker dapat mengakses informasi pembayaran Anda jika jaringan tersebut tidak terlindungi.

Untuk meminimalisir spam, jika perlu, buatlah akun email khusus yang dipakai untuk keperluan belanja online saja. Atau jika menggunakan email utama Anda, buatlah filter agar semua email e-commerce dikelompokkan ke label yang sama.

Pastikan juga bahwa situs e-commerce tersebut menggunakan koneksi yang aman, biasanya ditandai dengan https:// di bagian bar browser, serta ikon gembok. Beberapa situs memiliki ikon gembok sebagai indikator terpercaya atau segel keamanan yang menunjukkan bahwa website tersebut telah diverifikasi secara independen oleh pihak ketiga, seperti penyedia antivirus

7. Kredit atau Debit

Bertransaksi online memang paling nyaman jika menggunakan kartu. Meski demikian, Anda sebaiknya menggunakan kartu kredit dibandingkan kartu debit.

Hal ini dikarenakan kartu kredit merupakan ekstensi dari kredit sementara kartu debit langsung mengambil uang dari akun bank Anda.

Tentu saja ini sangat riskan sebab jika informasi tersebut bocor, hacker dapat dengan mudah mengacaukan keuangan Anda.

8. Lihat review (testimoni) dari pembeli sebelumnya

Setelah Smart Buddies memilih situs yang terpercaya, mungkin kamu bingung dengan banyaknya toko di dalam situs tersebut. Harus pilih yang mana yah?

Sebaiknya lihat dulu review dari para pembeli sebelumnya. Dengan begitu kamu dapat mengetahui apakah toko tersebut terpercaya atau tidak.

Jangan lupa juga ya, perhatikan seberapa banyak review positif yang ada. Jika berisi banyak tanggapan positif, kamu bisa lebih tenang dalam melakukan pembelian tanpa perlu khawatir tertipu.

9. Menggunakan Jasa Rekening Bersama

Memakai jasa rekening bersama untuk transaksi jual beli online salah satu langkah bijak apabila ada toko online biasa menyediakan sistem pembayaran seperti ini.

Bahkan kalau bisa ada program belanja online tanpa transfer pasti akan lebih membuat calon pembeli merasa tenang untuk melakukan transaksi.

Dengan adanya rekening bersama maka uang yang di transferkan oleh si pembeli akan ditahan terlebih dahulu oleh pihak penyedia jasa rekening bersama sampai barang dari si penjual dikirim dan diterima baru uang tersebut diberikan ke si penjual.

Cara ini juga sudah dilakukan di beberapa market place toko online Indonesia dan terbukti ampuh untuk mengatasi tindak penipuan jual beli online.

10. Rela bergadang

Nah, ini salah satu hal yang perlu kerelaan kalau benar-benar mau berburu diskon murah. Soalnya, diskon belanja online lebih sering dimulai saat dini hari.

Selain bisa mendapatkan diskon besar, kemungkinan besar Anda juga tidak kehabisan stok barang.