5 Cara Ampuh Meningkatkan Pengunjung Blog yang Belum Anda Tahu!

5 Cara Ampuh Meningkatkan Pengunjung Blog yang Belum Anda Tahu!

Pokanan.com | Pada kesempatan kali ini izinkan saya untuk berbagi sebuah tips, cara meningkatkan visitor pada blog.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwasanya visitor adalaha aset utama seorang blogger, tanpa mereka mungkin blog yang kita kelola sulit untuk berkembang.

Layaknya sebuah toko tanpa customer tidak mungkin ada produk yang terjual, begitula kira-kira jika blog tanpa pengunjung, yang tersisa akan hanya tulisan-tulisan panjang yang tak pernah terbaca.

Tujuan utama seorang blogger pastinya untuk memberikan informasi yang aktual kepada mereka yang membutuhkan informasi tersebut.

Ditambah lagi dengan kemajuan zaman, manusia dituntut untuk mengkonsumsi sesuatu yang instan, termasuk informasi, dengan adanya gadget mereka akan lebih mudah untuk membuka informasi yang mereka cari dimana pun mereka berada.

Tanpa harus membeli koran, melihat televisi dan media-media semacamnya, cukup buka HP dan tanyakan pada mbah google, mbah bagaimana cara agar artikel saya muncul dihalaman utama mbah?, misalkan. Hehe

Disisi lain seorang blogger tengah sibuk mempersiapkan apa yang akan orang-orang konsumsi, mengolah data sebaik mungkin agar diterima dengan baik oleh pembaca, dikemas dengan sedemikian rupa agar diboyong oleh banyak pengunjung.

Tapi muncul masalah besar, apa itu?

Ko artikel saya tidak ada yang baca?

Padalah artikel yang saya muat sangat informatif,

Padahal blog saya keren.

Itu menurut Anda, menurut orang lain? Belum tentu, kan?

Nah, jika Anda tengah pusing mengemis pada orang-orang untuk mengunjungi blog Anda, jika Anda tengah jengah merekrut visitor untuk datang membaca artikel Anda, namun usaha Anda masih nihil, jangan hawatir pada kali ini mari kita belajar bersama cara mendongkrak agar blog Anda dibanjiri oleh pengunjung.

Ada beberpa hal yang harus Anda jadikan poin penting dalam membungkus informasi yang akan Anda sajikan untuk visitor Anda, diantaranya sebagai berikut:

1. Tempat yang baik

Jika Anda seorang konsumen, lalu Anda pergi ke salah satu toko yang Anda tuju, lalu disana Anda menemukan beberapa toko yang menjual produk yang sama.

Apa yang Anda lakukan?

Toko mana yang akan Anda pilih?

Mengapa Anda memilih toko tersebut?

Mari kita jawab bersama-sama..

Apa yang Anda lakukan?

Jawabanya tentu memilih salah satu toko yang Anda inginkan,betul? dengan berbagai pertimbangan, salah satu yang menjadi pertimbangannya mungkin toko tersebut lebih terkenal didaerah tersebut.

Toko mana yang akan Anda pilih?

Memilih satu pilihan dari berbagai macam kategori yang hampir sama memang sangat sulit, rasanya ingin mencoba satu-persatu mencari mana yang lebih cocok untuk dikonsumsi.

Lalu muncul berbagai pertimbangan dan Anda mencoba untuk membandingkan toko yang satu dengan yang lainnya, kemudian Anda menemukan salah satu toko yang berbeda dengan yang lain, lalu Anda memilih toko tersebut.

Apa alasan dan pertimbangan Anda untuk memilih toko tersebut?

  1. Toko A lebih baik layanannya dari pada toko yang lain 
  2. Toko A produknya lebih berkualitas 
  3. Toko A harganya lebih sedikit terjangkau 
  4. Toko A tempatnya lebih nyaman 
  5. Dll
Saya kira yang barusan Anda baca adalah ilustrasi sederhana kehidupan nyata yang biasa terjadi dikalangan orang-orang sekitar dan saya yakin Anda sendiri pun pernah mengalami hal yanh serupa dengan mereka.

Bagaimana jika sekarang kita realisasikan pada blog yang kita kelola?

Apa yang saya maksudkan dengan wadah pada poin yang pertama?

Jika Anda dalam kehidupan nyata memilih tempat yang layak, bersih, terjaga dan nyaman, maka calon pengunjung yang sedang mencari informasi di internet pun demikian, akan mencari blog dengan tampilan yang nyaman, aman dan tentram.

Bagaimana blog yang nyaman, aman dan tentram?

  • Desain template yang mudah dinavigasi
  • Warna yang kontras, tidak membuat mata sakit
  • Tidak banyak pop up iklan
  • Ringan
  • Fastloading

Jika beberapa hal diatas ada pada blog Anda, mulai sekarang coba untuk merehab tampilan blog Anda dengan template yang good look dan membuat nyaman.

Jika Anda masih bingung template bagiamana yang harus digunakan, silahkan baca artikel saya berikut ini, rekomendasi template blog yang akan membuat pengunjung Anda nyaman berlama-lama disana:


Saya kira Anda sudah mengerti poin pertama ini, yang terpenting sajikan pengunjung blog Anda dengan wadah yang baik, bersih aman dan nyaman.

Jika sudah paham poin ini mari kita lanjut pada poin ke dua

2. Sajikan makanan yang berfitamin

Setelah Anda menata ruang tamu Anda pada poin yang perrtama, sekarang saatnya Anda menyuguhi mereka dengan konten yang positif, imformatif, aktual, detail dan yang terpenting adalah dapat menyelesaikan masalah yang sedang mereka alami.

Jika ada tamu datang ke rumah Anda, saya kira Anda akan menjamunya sebaik mungkin, menyuguhi mereka dengan makanan yang baik, memberi mereka minum. Karena ini merupakan kewajiban Anda sebagai tuan rumah.

Maka demikian pula Anda seorang blogger seorang yang akan menjamu ribuan calon pengunjung Anda, tentunya Anda harus menyajikan informasi yang mereka inginkan.

Maka daripada itu sekarang Anda harus menjadi pelayan yang baik untuk mereka, karena walau bagaimana pun Anda membutuhkan mereke meski mereka juga membutuhkan informasi dari Anda,.

jika dalam ilmu biologi hal demikian disebut, simbiosis mutualisme atau bisa disebut ekoexistensi, apa artinya kang?

Pengunjung membutuhkan Anda dan Anda membutuhkan pengunjung, lalu Anda dan pengunjung bertemu pada satu wadah yaitu blog, Anda sebagai pemiliknya mereka sebagai visitornya saling memberikan keuntungan, Anda untung karena dapat pengunjung

pengunjung pun untung karena mereka mendapatkan informsi yang mereka inginkan dari Anda, itu yang disebut dengan simbiosis mutualisme atau bisa disebut ekoexistensi, saling menguntungkan antara satu sama lain.

Kesimpulanya, silahkan Anda jamu visitor blog Anda dengan konten yang baik dan memuaskan.

3. Beri racikan bumbu yang pas

Setelah Anda membuat artikel untuk menjamu visitor Anda, poin yang ketiga ini jangan sampai Anda lewatkan.

Apa maksudnya kang “beri racikan bumbu yang pas” di kira blog ane mau di masak kali ya?

Mari kita simak penjelasanya sebagai berikut.

Maksud saya adalah jika Anda menjamu tamu Anda dengan makanan saja tanpa memberikan bumbu yang pas sebelumnya, apa iya makanan tersebut akan dimakan lahap oleh mereka?

Saya kira mereka hanya mencicipi setelah itu pergi ke kamar mandi dan dimuntahkan lagi, hehe

Maksud saya begini kang. Jika pengunjung blog Anda diberi konten yang mentah mereka tak mungkin membacanya, meski mereka membaca mungkin meraka akan hanya sekedar membaca sedikit saja setelah itu pergi dan tak pernah kembali bertamu ke blog Anda.

Lebih dalam lagi artinya begini kang,

Ketika Anda membuat postingan jangan asal membuat postingan, jangan asal banyak kata dan panjang, jika postingan Anda demikian, siapa pun tak akan ada yang membacanya.

Dan mbah google pun nanti akan sulit untuk menempatkan posisi artikel Anda, maka dari itu gunakan teknik SEO ketika Anda membuat artikel, yang mana SEO ini menjadi bumbu untuk membuat artikel Anda lebih disukai mbah google dan pengunjung Anda.

Setelah google mengindex artikel yang Anda muat, maka dengan mudah visitor akan menemukan artikel yang Anda muat di dalam blog Anda.

Lalu teknik seo yang seperti apa yang harus saya terpkan, kang?

Saya tekankan disini, membuat artikel dengan teknik SEO memang sangat penting, tapi Anda jangan sampai bergantung pada SEO, karena seiring berjalannya waktu google terus update rentetat algoritma SERP dan google sekarang ini lebih mengutamakan pada User Experience (UX).

Maksud dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon user ketika mereka menjelajahi blog kita.

Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Logikanya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, maka makin berkualitas isi dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing kita, meski tanpa menggunakan properti mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker sedikit membuka mata saya soal bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

4. Topik Pembahasan

Agar lebih mudah untuk Anda pahami, saya akan masih mengaitkan poin yang keempat ini dengan 3 poin yang telah Anda baca diatas.

Setelah Anda menjamu tamu dengan tempat yang nyaman, kemudian Anda kasih makanan dan makanan tersebut diolah dengan bumbu yang pas,

sekarang waktunya Anda untuk mengajak mereka sedikti ngobrol, bawa keliling ke tempat sekitar Anda, beri mereka pengetahuan bahwa dalam lingkungan Anda masih banyak hal yang bermanfaat.

Disini Anda harus bisa membedakan karakter dari tamu atau visitor blog Anda.

Bagaiamana cara membedakannya, jika Anda menulis sebuah artikel pastinya Anda harus mengetahui karakter pembcara Anda,

jika menulis artikel tentang SEO yang membaca pastinya seorang yang tidak gaptek,

seorang yang memiliki pengetahuan tentang teknologi, dan pastinya dia seorang online marketing.

Oleh karena itu Anda harus menyesuaikan gaya bahasa penulisan Anda, jangan terlalu serius juga jangan banyak canda,

karena karakter pembisnis akan lebih memperhatikan waktu, sehingga mereka sangat jarang bersentuhan degnan gurauan atau candaan.

Ini merupakan tantangan yang cukup berat sebetulnya, namun jika Anda sudah mengerti hal ini dan terbiasa menulis pasti gaya bahasa Anda akan bisa menyesuaikan dengan karakter pembaca Anda.

Oleh karena itu Anda harus sedikit pandai mengolah kata agar artikel Anda lebih matang dan bisa dipahami dengan mudah oleh setiap kalangan.

Mulai sekarang coba susun tata bahasa yang baik tidak mesti gaya bahasa yang baku,

dengan bahasa yang santai dan sopan sehingga pembaca Anda akan terbawa oleh alur pembicaraan Anda dengan gaya bahasa yang baik.

5. Minimalisir salah penulisan (TYPO)

Tidak bisa dipungkiri Typo memang selalu menjadi masalah terbesar bagi seorang penulis, jurnalis, blogger dan mereka yang berprofesi dalam bidang typing.

Namun hal ini akan terselesaikan jika Anda menulis sesuai dengan aturannya, bagaimana menulis sesuai dengan aturannya?

Jika Anda belum mengetahui, bahwa setiap 10 jari kita memiliki tugasnya masing-masing diatas keyboard, contohnya seperti gambar dibawah ini.

Jika Anda ingin lebih lanjut belajar mengetik 10 jari tanpa melihat keyboard, baca artikel saya sebelunya disini:

Rahasia Cepat Mengetik 10 Jari Dengan Baik Dan Benar

Bagaimana cara meminimalisir kesalahan mengetik atau typo?

Simak tipsnya berikut ini :

1. Fokus

Usahakan ketika Anda menulis fokus pada topik yang sedang Anda bahas, jangan sampai ketika menulis sambil mengobrol, apa lagi sambil menonton.

Jika Anda berusaha untuk fokus menulis, maka ketika ada kata yang salah penulisanya mata Anda dengan jeli akan menemukannya.

2. Baca ulang

Setelah menulsi perparagraf sebaiknya Anda baca ulang, selain untuk memeriksa typo juga untuk memperbaiki susunan kata yang rancu.

Setelah penulisan artikel selesai juga Anda harus membacanya kembali dengan lebih hati-hati, tujuannya untuk memeriksa ejaan yang salah,

atau mungkin ada juga poin penting yang Anda lewatkan dari pembahasan Anda.

Mungkin saja kan ketika Anda menulis kemudian Anda sedikit melamun, yang akhirnya Anda salah menulis kalimat yang baik dan benar, sehingga makna dari tulisan Anda akan hilang.

Hal ini kembali lagi pada poin 1, fokus.

3. Biasakan mengetik 10 jari

Ya, mungkin tidak semua blogger mampu akan hal ini, tapi ini bukan sesuatu yang sulit jika Anda membiasakan menulis dengan 10 jari.

Tanpa saya sadari 4 tahun bergelut dengan komputer ternyata saya bisa mengetik 10 jari tanpa melihat keyboard.

Hal ini berawal dari kebiasaan, karena ketika saya menulis saya biasakan mengetik 10 jari awalnya memang sulit dan sangat lambat,

tapi seiring berjalannya waktu saya bisa menulis 10 jari tanpa melihat keyboard dengan lancar.

Oleh karena itu, biasakan untuk menulis 10 jari tak apa awalnya melihat keyboard setelah sering Anda menulis,

jari Anda akan hafal posisinya masing-masing dan hal ini sangat membantu untuk meminimalisir kesalahan penulisan,

karena Anda tidak melihat keyboard tapi fokus pada monitor dan tulisan Anda.

3 tips diatas itu sangat membantu untuk meminimalisir penulisan kata,

oleh karena itu Anda harus segera membiasakannya agar ketika menulis tidak ada lagi kesalahan,

meski ada kesalahan mungkin tidak sesering dulu saat belum mengetuhui ilmu ini.

Kesalahan sedikit mungkin pembaca akan masih memaklumi apa lagi dengan tulisannya yang panjang.

Namun jauh lebih baik jika dalam satu artikel tidak ada typo sama sekali, maka visitor akan lebih percaya pada Anda dan tulisan Anda.

Kesimpualn:

Akhirnya saya ucapkan terimakasih untuk Anda yang membaca artikel Cara Ampuh Meningkatkan Pengunjung Blog ini.

Ada pun kesimpulannya daripada pembahasan yang panjang lebar diatas adalah sebagai berikut:

1. Tata tampilan blog Anda, berikan kenyamanan untuk visitor Anda dengan cara memasang template yang rapih, clean dan mudah dinavigasi, jangan terlalu banyak iklan apa lagi pop up ads ini akan membuat pengunjung kabur.

2. Buat konten yang menarik perhatian visitor, kemas dengan gaya bahasa yang baik, sehingga mereka mengerti apa yang Anda sampaikan.

3. SEO memang penting untuk robot indexing, namun Anda jangan lupakan manusia sebagai pembaca artikel Anda, karena mereka adalah aset utama kemajuan blog Anda.

4. Usahakan tidak ada kesalahan pengetikan dalam menulis artikel, hal ini akan menghilangkan mod pembaca, sehingga mereka akan ragu untuk meneruskan membaca di blog Anda.

Demikian pembahasan mengenai Cara Ampuh Meningkatkan Pengunjung Blog, semoga bermanfaat